Instrumen Analisis Kebutuhan Peserta Didik dalam Pengembangan Bahan Ajar PAI
1. Angket Siswa (30 Responden)
Tujuan: Menggali kebutuhan, minat, dan kesulitan siswa dalam pembelajaran PAI.
| No | Pertanyaan | Ringkasan Jawaban (30 Siswa) |
|---|---|---|
| 1 | Materi PAI apa yang paling sulit menurut Anda? | 12 siswa: Fiqh Ibadah, 10 siswa: Tajwid, 8 siswa: Sejarah Kebudayaan Islam |
| 2 | Metode pembelajaran PAI apa yang membuat Anda lebih paham? | 15 siswa: Diskusi kelompok, 10 siswa: Ceramah interaktif, 5 siswa: Presentasi teman |
| 3 | Apa bentuk media (video, modul, gambar, cerita) yang paling membantu pemahaman Anda? | 18 siswa: Video, 7 siswa: Modul, 3 siswa: Gambar, 2 siswa: Cerita |
| 4 | Bagaimana perasaan Anda saat pelajaran PAI berlangsung? | 20 siswa: Senang/antusias, 7 siswa: Biasa saja, 3 siswa: Kurang semangat |
| 5 | Harapan Anda terhadap pembelajaran PAI di kelas? | 12 siswa: Lebih banyak praktik, 10 siswa: Lebih interaktif, 8 siswa: Media lebih variatif |
Analisis Angket:
2. Lembar Observasi Guru (Ringkasan 30 Siswa)
Tujuan: Mengetahui perilaku belajar siswa selama pembelajaran PAI.
| No | Aspek yang Diamati | Hasil Observasi |
|---|---|---|
| 1 | Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab | 12 siswa aktif, 10 cukup aktif, 8 pasif |
| 2 | Kemampuan siswa bekerja sama dalam diskusi kelompok | 20 siswa kooperatif, 7 cukup kooperatif, 3 kurang kooperatif |
| 3 | Respon siswa terhadap media pembelajaran | 18 sangat antusias dengan video, 7 antusias dengan modul, 5 kurang respon |
| 4 | Antusiasme siswa dalam praktik ibadah/akhlak | 15 siswa antusias, 10 cukup antusias, 5 kurang |
| 5 | Kedisiplinan dan fokus siswa selama pembelajaran | 22 siswa disiplin, 6 kadang kurang fokus, 2 sering tidak fokus |
Analisis Observasi:
3. Pedoman Wawancara (Ringkasan 10 Sampel dari 30 Siswa)
Tujuan: Menggali pandangan siswa lebih dalam tentang pengalaman mereka belajar PAI.
| No | Pertanyaan Wawancara | Ringkasan Jawaban |
|---|---|---|
| 1 | Menurut Anda, apa manfaat utama belajar PAI di sekolah? | 6 siswa: Membimbing akhlak, 3 siswa: Memahami ibadah, 1 siswa: Menambah wawasan Islam |
| 2 | Apa kesulitan paling besar yang Anda rasakan ketika mempelajari PAI? | 5 siswa: Banyak istilah Arab, 3 siswa: Hafalan panjang, 2 siswa: Kurang contoh praktik |
| 3 | Bagaimana guru PAI bisa membantu Anda memahami materi lebih baik? | 4 siswa: Lebih banyak contoh nyata, 3 siswa: Gunakan video, 3 siswa: Diskusi santai |
| 4 | Media atau metode pembelajaran seperti apa yang Anda sukai? | 5 siswa: Video pembelajaran, 3 siswa: Cerita inspiratif, 2 siswa: Praktik langsung |
| 5 | Apa saran Anda agar pembelajaran PAI lebih menarik dan bermanfaat? | 4 siswa: Perbanyak praktik, 3 siswa: Tambahkan media kreatif, 3 siswa: Buat lebih interaktif |
Analisis Wawancara:
