Mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) merupakan mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas Anda sebagai guru SD/MI, terutama Anda yang berada di daerah terpencil yang pada umumnya mengajar dua kelas atau lebih secara bersamaan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda akan dibantu untuk memperoleh konsep-konsep dan prinsip PKR, serta keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengajar di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran di dua kelas atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, Anda juga akan dibekali dengan kemampuan lain untuk mendukung PKR, misalnya dalam memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR; mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap; mengorganisasikan kelas; memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar; menyusun rencana PKR; serta menerapkan keterampilan mengajar khusus dalam PKR.
Pembelajaran Kelas Rangkap (atau
"blended learning" dalam bahasa Inggris) adalah sebuah model
pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face-to-face)
dan pembelajaran secara daring (online) dalam satu kelas. Dalam pembelajaran
kelas rangkap, siswa dapat belajar secara mandiri melalui materi-materi
pembelajaran yang disediakan secara online, tetapi juga bertemu dengan guru dan
teman-teman sekelas secara langsung untuk menjalani kegiatan pembelajaran tatap
muka.
Pembelajaran Kelas Rangkap dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membagi waktu belajar antara pembelajaran tatap muka dan online, atau mengombinasikan dua jenis pembelajaran tersebut dalam satu aktivitas pembelajaran. Pembelajaran Kelas Rangkap biasanya menggunakan teknologi digital seperti platform pembelajaran online atau aplikasi mobile learning untuk menyediakan materi-materi pembelajaran yang dapat diakses secara fleksibel dan kapan saja. Model Pembelajaran Kelas Rangkap dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif karena dapat meningkatkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan keaktifan siswa dalam belajar. Dalam pembelajaran kelas rangkap, siswa memiliki lebih banyak kendali atas cara mereka belajar dan dapat memilih cara yang paling sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri.
Mata kuliah ini menjelaskan hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR); contoh penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap; keterampilan dasar mengajar serta strategi yang sesuai untuk Pembelajaran Kelas Rangkap; menyusun rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap; serta mempraktikkan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam situasi nyata. Mata kuliah ini dilengkapi dengan praktik mengajar berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah, pada tutorial tatap muka dan tutorial on-line.
Pembelajaran Kelas Rangkap, atau sering disebut juga sebagai pembelajaran simultan, mencakup metode pembelajaran dimana seorang guru mengajar dua atau lebih kelas secara bersamaan. Dalam metode ini, guru biasanya membagi perhatiannya di antara dua kelas atau lebih dan memberikan instruksi yang sama atau serupa pada waktu yang bersamaan. Metode ini biasanya digunakan untuk mengatasi keterbatasan sumber daya atau ruang kelas yang terbatas. Dalam Pembelajaran Kelas Rangkap, para siswa dari kelas yang berbeda biasanya berada dalam satu ruangan dan mendengarkan guru secara bersamaan. Namun, masing-masing kelas biasanya memiliki waktu yang berbeda untuk mengerjakan tugas dan latihan, serta memperoleh umpan balik dari guru. Metode pembelajaran ini memerlukan tingkat organisasi dan manajemen yang tinggi untuk memastikan bahwa semua siswa menerima pengajaran dan perhatian yang meningkatkan motivasi belajar.
Pembelajaran Kelas Rangkap merujuk pada metode pembelajaran di mana sekelompok siswa belajar bersama-sama dengan
siswa dari kelas lain yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda atau kelas
yang lebih tinggi atau lebih rendah. Dalam metode ini, siswa dapat memperoleh
pengalaman belajar yang lebih kaya dan mendapatkan lebih banyak kesempatan
untuk berinteraksi dengan siswa dari latar belakang yang berbeda.
Dalam Pembelajaran Kelas Rangkap,
siswa biasanya dikelompokkan berdasarkan minat dan kemampuan mereka, dan mereka
dapat belajar dari satu sama lain melalui kolaborasi dan diskusi kelompok.
Dalam beberapa kasus, guru dapat memberikan instruksi tambahan atau tugas
tambahan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.
Metode Pembelajaran Kelas Rangkap dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, seperti kemampuan
bekerja sama dan berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang yang
berbeda. Selain itu, siswa juga dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang
topik tertentu karena mereka dapat mendengarkan pandangan dari berbagai tingkat
pemahaman. Namun, metode ini juga memerlukan pengaturan dan manajemen yang baik
dari guru untuk memastikan setiap siswa tetap fokus dan terlibat dalam
pembelajaran.
Artikel :
Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 1
Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 2
Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 3

