Default Image

Months format

View all

Load More

Related Posts Widget

Article Navigation

Contact Us Form

404

Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist. Back Home

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 1


Waktu Pengerjaan: 10:00 menit!


"Fasilitator Sekolah Penggerak" adalah seorang guru yang bertanggung jawab dalam memimpin dan mengkoordinasikan program Sekolah Penggerak di sekolahnya. Program ini merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Tugas utama seorang Fasilitator Sekolah Penggerak antara lain adalah :

  1. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan Sekolah Penggerak di sekolahnya
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan di sekolah dan mencari solusinya
  3. Mengembangkan program dan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif
  4. Mendorong dan memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  5. Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam implementasi program Sekolah Penggerak di sekolahnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang Fasilitator Sekolah Penggerak juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan, komunikasi, dan kolaborasi yang baik untuk dapat bekerja sama dengan guru-guru dan pihak terkait lainnya dalam mencapai tujuan program Sekolah Penggerak. Sekolah Penggerak adalah sebuah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah yang membutuhkan. Program Sekolah Penggerak ini memiliki beberapa kegiatan, antara lain :

  1. Pelatihan dan pembinaan bagi guru dan kepala sekolah
  2. Peningkatan fasilitas pendidikan
  3. Peningkatan manajemen sekolah
  4. Pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan daerah
  5. Pemberian dana hibah bagi sekolah yang telah berhasil memajukan kualitas pendidikan

Download :

Penggunaan LMS pada Bimbingan Teknis Narasumber Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak 

Penggunaan LMS pada Bimbingan Teknis Peserta Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak

Sekolah Penggerak bertujuan untuk menciptakan sekolah yang menjadi pusat inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga dapat menciptakan generasi yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan global. Program ini terus dikembangkan dan diimplementasikan di seluruh Indonesia dengan dukungan dari berbagai pihak. Program ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti pelatihan kepemimpinan dan manajemen sekolah, pelatihan pengembangan kurikulum dan pembelajaran, serta pendampingan dalam implementasi program-program pendidikan di sekolah.

Sekolah Penggerak juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan pendidikan melalui program pengembangan sekolah inklusif, sekolah ramah anak, dan sekolah budaya literasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan mencetak generasi yang lebih berkualitas, berdaya saing, dan mampu bersaing di tingkat global.

Program Sekolah Penggerak adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui upaya perbaikan di tingkat sekolah. Program ini sangat penting bagi sekolah karena memiliki beberapa manfaat, di antaranya :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan: Program Sekolah Penggerak membantu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan bantuan teknis dan sumber daya yang dibutuhkan oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  2. Memperkuat kepemimpinan kepala sekolah: Program Sekolah Penggerak membantu kepala sekolah dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen. Kepala sekolah akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk mengelola sekolah dengan lebih baik.
  3. Meningkatkan kompetensi guru: Program Sekolah Penggerak membantu meningkatkan kompetensi guru dengan memberikan pelatihan dan bimbingan. Guru-guru akan belajar bagaimana cara mengajar dengan lebih baik dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih efektif.
  4. Meningkatkan partisipasi orang tua: Program Sekolah Penggerak membantu meningkatkan partisipasi orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka. Orang tua akan diberikan pemahaman tentang pentingnya pendidikan dan cara untuk mendukung anak-anak mereka dalam belajar.
  5. Meningkatkan keterlibatan masyarakat: Program Sekolah Penggerak membantu meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan. Masyarakat akan diberikan pemahaman tentang peran mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan dan cara untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang terkait dengan sekolah.

Dengan demikian, Program Sekolah Penggerak sangat penting bagi sekolah karena membantu meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kompetensi guru, partisipasi orang tua, dan keterlibatan masyarakat. Salah satu bentuk implementasi dari program Sekolah Penggerak adalah melalui penunjukan fasilitator sekolah penggerak.

Fasilitator Sekolah Penggerak adalah individu yang telah dipilih dan dilatih oleh Kemendikbud untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Penggerak. Tugas utama fasilitator ini adalah membantu sekolah dalam merancang, melaksanakan, dan memantau program-program yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Mereka juga bertanggung jawab untuk membina dan mengkoordinasikan guru-guru dan kepala sekolah di Sekolah Penggerak.

Dengan demikian, hubungan antara program Sekolah Penggerak dan fasilitator sekolah penggerak sangatlah erat. Program ini membutuhkan adanya fasilitator untuk membantu dalam pelaksanaannya, sementara fasilitator Sekolah Penggerak juga membutuhkan program Sekolah Penggerak untuk memberikan arahan dan pedoman dalam tugas mereka. Keduanya saling mendukung dan bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Fasilitator Sekolah Penggerak adalah program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia pada tahun 2016. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan mengembangkan kualitas kepemimpinan dan manajemen sekolah.

Fasilitator Sekolah Penggerak adalah tenaga pendidik yang memiliki tugas untuk mendampingi kepala sekolah dalam melaksanakan program sekolah penggerak. Tugas utama fasilitator sekolah penggerak adalah membantu kepala sekolah dalam merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, dan mengevaluasi program sekolah penggerak.

Fasilitator Sekolah Penggerak juga bertugas untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru-guru di sekolah tersebut dalam mengembangkan kompetensi profesional mereka. Selain itu, mereka juga mengkoordinasikan berbagai program yang dilaksanakan oleh sekolah penggerak, seperti pembelajaran berbasis proyek, kegiatan ekstrakurikuler, dan program-program lain yang dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.




Baca juga :

Post a Comment

New comments are not allowed.*

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), atau disebut juga pembelajaran gabungan, adalah metode pengajaran di mana dua atau lebih kelas yang berbeda dipadukan dan diajar oleh satu atau lebih guru. Dalam pembelajaran kelas rangkap, siswa dari kelas yang berbeda dapat bergabung dalam satu kelas dan belajar bersama-sama dalam situasi yang lebih terpadu. Metode ini dapat membantu memaksimalkan penggunaan sumber daya dan memungkinkan guru untuk memberikan pengajaran yang lebih terfokus pada setiap siswa. Selain itu, siswa juga dapat belajar dari satu sama lain dan memperluas jaringan sosial mereka dengan siswa dari kelas yang berbeda. Namun, Pembelajaran Kelas Rangkap juga dapat menimbulkan tantangan dalam mengelola kelompok yang lebih besar dan memastikan bahwa setiap siswa mendapat perhatian yang memadai dari guru. Pembelajaran Kelas Rangkap merupakan pembelajaran ...

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) merupakan mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas Anda sebagai guru SD/MI, terutama Anda yang berada di daerah terpencil yang pada umumnya mengajar dua kelas atau lebih secara bersamaan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda akan dibantu untuk memperoleh konsep-konsep dan prinsip PKR, serta keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengajar di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran di dua kelas atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, Anda juga akan dibekali dengan kemampuan lain untuk mendukung PKR, misalnya dalam memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR; mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap; mengorganisasikan kelas; memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar; menyusun...

Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 Universitas Terbuka || UTBK || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebagai seorang guru bahasa Inggris, terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAUD. Guru bahasa Inggris harus mampu berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Selain itu, guru juga harus memahami berbagai aturan tata bahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris harus mampu merancang program pembelajaran yang efektif dan bervariasi, agar siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Seorang guru bahasa Inggris harus memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi pembelajaran seperti aplikasi atau perangkat lunak pembelajaran, video pembelajaran, dan lain-lain. Guru bahasa Inggris harus mampu memberikan pengajaran yang menarik, mudah...

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Program Sekolah Penggerak adalah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui upaya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, masyarakat, dan dunia usaha. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kolaborasi antara Kemdikbud, pemerintah daerah, dan sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Program Sekolah Penggerak memiliki beberapa komponen utama, antara lain penguatan manajemen sekolah, peningkatan mutu guru, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, serta penguatan komunitas sekolah. Dalam implementasinya, Sekolah Penggerak melibatkan beberapa pihak, seperti kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar. Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningk...

Materi Matematika Ekonomi dan Bisnis EKF1218 - Analisis dan Terapan Ekonomi (Model ARIMA)

Matematika ekonomi yang berkaitan dengan bidang bisnis dapat digunakan untuk memprediksi pergerakan harga mata uang. Salah satu metode yang sering digunakan adalah analisis teknikal dan fundamental. Analisis teknikal memperhatikan data historis pergerakan harga mata uang dan mencoba menemukan pola atau tren yang dapat membantu memprediksi pergerakan harga di masa depan. Analisis fundamental, di sisi lain, mencoba memprediksi pergerakan harga mata uang berdasarkan faktor-faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi nilai mata uang tersebut. Faktor-faktor ini termasuk suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi. Suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi semuanya memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan dan kinerja ekonomi suatu negara. Suku bunga adalah tingkat bunga yang dikenakan oleh bank sentral suatu negara terhadap pinjaman yang diberikan kepada bank-bank komersial. Suku bunga yang tinggi dapat menarik modal asing dan meningkatkan n...

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebuah sekolah menengah di kota A ingin mengembangkan bahan ajar IT untuk mata pelajaran matematika. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Dalam tahap analisis, tim pengembang bahan ajar IT melakukan langkah-langkah sebagai berikut : Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Tujuan ini dapat diukur dengan meningkatnya nilai siswa pada ujian matematika dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tim pengembang bahan ajar IT mengadakan survei dan wawancara dengan siswa dan guru untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam memahami konse...