Persiapan Lomba di Kelas Bu Aisyah
Kasus PBL: Evaluasi Pembelajaran MI: Prinsip & Aspek Evaluasi melalui Studi Kasus Siswa Kelas 5 MI.
Diskusi tentang Masalah Sampah Plastik di Sekolah
Di kelas 5 MI Al-Hikmah, Bu Aisyah meminta siswanya berdiskusi tentang masalah di sekolah:
“Bagaimana cara kita mengatasi sampah plastik di kelas?”
Siswa pun bekerja sesuai ide masing-masing:
1. Fadli membuat rancangan tempat sampah unik dari kardus bekas.
2. Siti menulis puisi indah tentang menjaga kebersihan.
3. Rina menggambar poster berwarna-warni yang mengajak teman-temannya membuang sampah pada tempatnya.
Bu Aisyah berpikir, “Jika hanya menilai lewat ulangan angka, kreativitas seperti ini tidak akan terlihat. Bagaimana saya bisa menilai usaha Fadli, Siti, dan Rina dengan adil sesuai kemampuan mereka masing-masing?”
Petunjuk untuk Mahasiswa
- Identifikasi Masalah. Apa dilema Bu Aisyah terkait evaluasi?
- Analisis Prinsip Evaluasi. Kaitkan kasus ini dengan prinsip validitas, reliabilitas, objektivitas, komprehensif, berkesinambungan, dan mendidik!
- Aspek Evaluasi. Sebutkan indikator yang relevan untuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dari masing-masing karya siswa!
- Rekomendasi Instrumen. Rancang 3 instrumen penilaian yang berbeda (mis. portofolio, rubrik proyek, observasi) dan jelaskan kapan & bagaimana digunakan!
- Refleksi. Bagaimana hasil evaluasi dapat dipakai untuk meningkatkan proses pembelajaran?
Worksheet/Lembar Kerja Mahasiswa
Silakan isikan jawaban kelompok pada kolom-kolom berikut:
1. Identifikasi Masalah
Masalah utama:
1. Banyak sampah plastik berserakan di kelas yang mengganggu kebersihan.
2. Kurangnya kesadaran siswa dalam mengelola sampah dengan benar.
2. Prinsip Evaluasi
Validitas. Evaluasi sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu kepedulian terhadap kebersihan.
Reliabilitas. Penilaian konsisten meskipun dilakukan oleh guru yang berbeda.
Objektivitas. Penilaian berdasarkan indikator jelas, bukan karena favoritisme guru.
Komprehensif. Menilai aspek kognitif (pemahaman), afektif (sikap), dan psikomotorik (karya).
Mendidik. Hasil evaluasi mendorong siswa untuk semakin peduli lingkungan.
3. Aspek Evaluasi
Kognitif. Siswa mampu menjelaskan dampak sampah plastik bagi lingkungan.
Afektif. Siswa menunjukkan kepedulian dengan menjaga kebersihan kelas.
Psikomotorik. Siswa mampu membuat karya (poster, puisi, rancangan) tentang kebersihan.
4. Rencana Instrumen & Jadwal
Instrumen 1: Tes lisan tentang dampak sampah plastik (Hari ke-1).
Instrumen 2: Observasi sikap peduli kebersihan saat diskusi (Hari ke-2).
Instrumen 3: Penilaian produk karya siswa (poster, puisi, rancangan) (Hari ke-3).
5. Rekomendasi Penggunaan Hasil
Hasil evaluasi digunakan untuk memberikan umpan balik kepada siswa, mengembangkan sikap peduli lingkungan, serta merancang pembelajaran berikutnya agar lebih kontekstual dan aplikatif.
Rubrik Penilaian
Gunakan rubrik ini untuk menilai karya siswa (Fadli, Siti, Rina).
| Aspek | Indikator | Skor 1 (Kurang) |
Skor 2 (Cukup) |
Skor 3 (Baik) |
Skor 4 (Sangat Baik) |
|---|---|---|---|---|---|
| Kognitif | Pemahaman konsep & relevansi solusi terhadap masalah sampah | Gagasan tidak jelas | Gagasan sederhana | Gagasan logis & cukup lengkap | Gagasan sangat logis, kreatif, mendalam |
| Afektif | Perilaku peduli, tanggung jawab, kerja sama | Tidak peduli / kurang serius | Kadang peduli / kurang konsisten | Menunjukkan kepedulian baik | Sangat peduli, antusias, memotivasi teman |
| Psikomotorik | Keterampilan mengeksekusi ide: rapi, teknis, komunikatif | Karya tidak selesai / asal-asalan | Karya selesai tapi kurang rapi | Karya rapi & sesuai tugas | Karya sangat rapi, kreatif, komunikatif |
Contoh Penilaian
Fadli (rancangan tempat sampah): mendapatkan skor 3 untuk Kognitif, skor 3 untuk Afektif dan 4 untuk Psikomotorik, sehingga total skor Fadli adalah 10 (dari skor maksimal 12)
Siti (puisi): mendapatkan skor 2 untuk Kognitif , skor 4 untuk Afektif dan 3 untuk Psikomotorik, sehingga total skor Siti adalah 9 (dari skor maksimal 12)
Rina (poster): mendapatkan skor 3 untuk Kognitif, skor 3 untuk Afektif dan skor 4 untuk Psikomotorik, sehingga total skor Rina adalah 10 (dari skor maksimal 12)
Catatan: Sesuaikan rubrik dan indikator dengan kurikulum lokal (K13 / KTSP / kurikulum madrasah) dan level kompetensi siswa.
Tugas Mahasiswa
Studi kasus: Di MI Al-Falah, siswa diminta berdiskusi tentang “Bagaimana cara mengurangi penggunaan listrik di sekolah?”. Ahmad membuat daftar aturan hemat listrik, Laila menulis cerita pendek, dan Budi menggambar poster tentang hemat energi.
1. Identifikasi Masalah
2. Prinsip Evaluasi
Validitas:
Reliabilitas:
Objektivitas:
Komprehensif:
Mendidik:
3. Aspek Evaluasi
4. Rencana Instrumen & Jadwal
5. Rekomendasi Penggunaan Hasil
-- Akhir Postingan --
