Default Image

Months format

View all

Load More

Related Posts Widget

Article Navigation

Contact Us Form

404

Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist. Back Home

Latihan Soal Ujian EKMA4473 Pengembangan Produk Agribisnis

Latihan Soal Ujian 50 Soal: Pengembangan Produk Agribisnis

Latihan Soal Ujian Pengembangan Produk Agribisnis

Klik jawaban yang benar untuk menampilkan pembahasan dan modul.


1. Inovasi dalam agribisnis didefinisikan sebagai…
A. Penemuan teknologi baru B. Penerapan dan komersialisasi penemuan C. Peningkatan kualitas produk D. Pengembangan proses produksi
2. Dua input pendorong inovasi adalah…
A. Biaya produksi & modal B. Teknologi & perubahan sosial/pasar C. Kebijakan pemerintah & harga produk D. Distribusi & transportasi
3. Salah satu tipe inovasi adalah…
A. Inovasi konsumsi B. Inovasi organisasi C. Inovasi investasi D. Inovasi finansial
4. Strategi mengenalkan produk baru menurut Schroeder terdiri dari…
A. Dorongan biaya, promosi, distribusi B. Tarikan pasar, dorongan teknologi, pandangan interfungsional C. Keunggulan biaya, diferensiasi, fokus D. Modal, promosi, biaya produksi
5. Fase daur hidup produk meliputi…
A. Ide – desain – produksi – penjualan B. Perkenalan – pertumbuhan – kedewasaan – penurunan C. Produksi – distribusi – konsumsi – purna jual D. Penelitian – rancang bangun – uji coba – komersialisasi
6. Elemen strategi Porter yang dapat diterapkan dalam produk agribisnis adalah…
A. Kepemimpinan distribusi B. Diferensiasi C. Integrasi vertikal D. Aliansi strategis
7. Kekuatan industri yang menentukan kapasitas inovasi perusahaan TIDAK termasuk…
A. Kompetisi B. Pasokan bahan baku C. Regulasi pemerintah D. Sumber daya manusia
8. Kolaborasi untuk tujuan riset inovasi termasuk…
A. Aliansi strategis B. Pembelian lisensi C. Akuisisi perusahaan D. Outsourcing
9. Salah satu bentuk perencanaan produk adalah…
A. Product roadmap B. Promosi penjualan C. Pengemasan D. Distribusi bahan baku
10. Platform produk adalah…
A. Produk dasar yang dapat dikembangkan dengan variasi B. Sistem promosi digital C. Tempat produk dipasarkan D. Standarisasi proses distribusi
11. Segmentasi pasar diperlukan untuk…
A. Mengurangi biaya produksi B. Membedakan pasar homogen C. Menentukan harga D. Menghilangkan pesaing
12. Teknik memahami kebutuhan pelanggan antara lain…
A. Observasi B. Penurunan harga C. Menambah produksi D. Analisis biaya
13. Analisis pesaing dilakukan untuk…
A. Menentukan harga final B. Mengetahui posisi produk di pasar C. Menghitung biaya distribusi D. Menentukan volume produksi
14. Salah satu tujuan desain produk adalah…
A. Mengurangi promosi B. Memastikan produk sesuai kebutuhan konsumen C. Menentukan harga D. Memperbanyak varian
15. Konsep modularitas produk berarti…
A. Produk dibuat satu bagian utuh B. Produk dibagi menjadi modul yang dapat diganti C. Produk diproduksi secara massal D. Produk tidak dapat diperbaiki
16. Salah satu tujuan standarisasi produk adalah…
A. Meningkatkan variasi produk B. Menurunkan biaya dan mempermudah produksi C. Memperluas distribusi D. Memperpanjang masa kedaluwarsa
17. Reliability produk mengacu pada…
A. Kemudahan ditemui di pasar B. Kemampuan produk berfungsi tanpa gagal C. Daya tarik visual produk D. Tingkat harga sesuai pasar
18. Prototipe digunakan untuk…
A. Menguji purwarupa sebelum diproduksi massal B. Menghitung biaya akhir C. Mengembangkan kemasan D. Mempersiapkan distribusi
19. Pada tahap evaluasi konsep produk, perusahaan melakukan…
A. Penentuan harga B. Analisis kelayakan dan minat konsumen C. Distribusi awal D. Produksi massal
20. Teknik memasukkan suara pelanggan dalam desain produk adalah…
A. Break Even Analysis B. QFD (Quality Function Deployment) C. Simulasi pasar D. Forecasting
21. Customization produk berarti…
A. Produk dibuat lebih standar B. Produk disesuaikan dengan kebutuhan individu C. Produk dibuat menjadi satu modul D. Produk diberi fitur tambahan
22. Salah satu kelebihan desain modular adalah…
A. Biaya produksi naik B. Perawatan lebih mudah karena modul bisa diganti C. Produk lebih berat D. Proses produksi lebih kompleks
23. Fokus utama desain proses adalah…
A. Layout pabrik B. Cara produk diproduksi C. Promosi D. Pengemasan
24. Alur proses (process flow) bertujuan untuk…
A. Mengurangi biaya distribusi B. Memvisualisasikan urutan langkah produksi C. Mengatur kemasan D. Memperluas pasar
25. Teknologi otomasi produksi termasuk…
A. Manual handling B. CIM (Computer Integrated Manufacturing) C. Full outsourcing D. Direct selling
26. Fungsi desain proses adalah…
A. Menghitung biaya promosi B. Menentukan langkah terbaik dalam pembuatan produk C. Mengatur strategi pasar D. Mengatur distribusi barang
27. Batch process paling sesuai digunakan untuk…
A. Produksi masal minuman ringan B. Produksi roti aneka rasa C. Produksi satu barang custom D. Produksi mobil dalam skala besar
28. Continuous process dipakai untuk…
A. Produksi variasi banyak B. Produksi fleksibel C. Produksi tanpa henti dan volume besar D. Produksi pesanan
29. Peluncuran produk mencakup aktivitas…
A. Pengembangan kemasan B. Perencanaan promosi dan distribusi C. Analisis pesaing D. Uji konsep
30. Tujuan utama promosi dalam peluncuran produk adalah…
A. Menaikkan biaya produksi B. Meningkatkan awareness konsumen C. Menentukan harga jual D. Menentukan jalur distribusi
31. Distribusi produk dilakukan untuk…
A. Menekan biaya promosi B. Menyampaikan produk ke konsumen C. Mengurangi tenaga kerja D. Mendapatkan paten produk
32. Materials management mencakup…
A. Promosi dan iklan B. Pengadaan, penyimpanan, dan distribusi bahan C. Penetapan harga D. Observasi konsumen
33. Persediaan (inventory) penting untuk…
A. Mempercepat promosi B. Menjamin kelancaran produksi C. Menurunkan harga produk D. Mengganti desain produk
34. Penyimpanan bahan membutuhkan pertimbangan…
A. Warna kemasan B. Jenis bahan, suhu, kelembapan C. Metode promosi D. Strategi pemasaran
35. Produk agroindustri membutuhkan manajemen peluncuran khusus karena…
A. Siklus hidupnya sangat panjang B. Rentan terhadap kerusakan dan perubahan mutu C. Tidak membutuhkan promosi D. Selalu mendapat dukungan pemerintah
36. Salah satu risiko dalam peluncuran produk agribisnis adalah…
A. Kegagalan promosi digital B. Produk cepat rusak jika tidak terdistribusi cepat C. Kelebihan kapasitas produksi D. Meningkatnya biaya iklan
37. Peran aliansi strategis dalam inovasi adalah…
A. Mengurangi jumlah kompetitor B. Berbagi pengetahuan, teknologi, dan biaya C. Menurunkan harga produk D. Mengurangi tenaga kerja
38. Lisensi (licensing) dalam inovasi berarti…
A. Perusahaan menjual hak kekayaan intelektual B. Perusahaan membeli atau memberikan hak menggunakan teknologi C. Perusahaan mengakuisisi teknologi pesaing D. Perusahaan melakukan riset bersama
39. Salah satu keuntungan produk berbasis platform adalah…
A. Biaya pengembangan tiap varian menjadi lebih murah B. Produk menjadi lebih kompleks C. Semua produk harus diproduksi manual D. Tidak memungkinkan variasi produk
40. Evaluasi pesaing (competitor assessment) bertujuan untuk…
A. Mengurangi biaya distribusi B. Menilai posisi produk perusahaan dibanding pesaing C. Meningkatkan harga produk D. Menambah kapasitas produksi
41. “Voice of Customer” pada QFD berarti…
A. Data pemasok B. Data keinginan dan kebutuhan konsumen C. Data kompetitor D. Data bahan baku
42. Salah satu keuntungan standardisasi adalah…
A. Produk lebih beragam B. Produksi lebih cepat dan efisien C. Produk menjadi premium D. Biaya pengemasan naik
43. Mass customization memungkinkan…
A. Produk standar tanpa variasi B. Produk berbeda untuk pelanggan berbeda dalam skala besar C. Produk premium eksklusif D. Produksi manual
44. Pemilihan teknologi proses dipengaruhi oleh…
A. Gaya hidup konsumen B. Volume produksi dan karakteristik bahan C. Harga final D. Distribusi
45. Pada proses peluncuran, faktor penting adalah…
A. Waktu peluncuran B. Warna produk C. Variasi ukuran D. Total kompetitor
46. Pengemasan produk agribisnis bertujuan untuk…
A. Memperindah tampilan saja B. Melindungi produk dari kerusakan C. Mengurangi biaya promosi D. Menghilangkan aroma produk
47. Kelemahan produk agroindustri dalam distribusi adalah…
A. Harga tidak stabil B. Mudah rusak sehingga butuh logistik cepat C. Banyak pesaing D. Produk sulit dikenali
48. “Critical to Quality” (CTQ) dalam QFD adalah…
A. Faktor yang memengaruhi biaya B. Elemen penting yang harus dipenuhi agar memenuhi kebutuhan pelanggan C. Faktor promosi D. Elemen penyimpanan
49. Keputusan akhir peluncuran produk mempertimbangkan…
A. Kapasitas gudang B. Kesiapan produksi, promosi, dan distribusi C. Banyaknya pesaing D. Jumlah karyawan
50. Kunci keberhasilan inovasi produk agribisnis adalah…
A. Harga termurah di pasar B. Kesesuaian inovasi dengan kebutuhan pasar dan bahan baku lokal C. Varian sebanyak mungkin D. Promosi sepanjang tahun
Deskripsi Gambar
Baca juga :

Post a Comment

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), atau disebut juga pembelajaran gabungan, adalah metode pengajaran di mana dua atau lebih kelas yang berbeda dipadukan dan diajar oleh satu atau lebih guru. Dalam pembelajaran kelas rangkap, siswa dari kelas yang berbeda dapat bergabung dalam satu kelas dan belajar bersama-sama dalam situasi yang lebih terpadu. Metode ini dapat membantu memaksimalkan penggunaan sumber daya dan memungkinkan guru untuk memberikan pengajaran yang lebih terfokus pada setiap siswa. Selain itu, siswa juga dapat belajar dari satu sama lain dan memperluas jaringan sosial mereka dengan siswa dari kelas yang berbeda. Namun, Pembelajaran Kelas Rangkap juga dapat menimbulkan tantangan dalam mengelola kelompok yang lebih besar dan memastikan bahwa setiap siswa mendapat perhatian yang memadai dari guru. Pembelajaran Kelas Rangkap merupakan pembelajaran ...

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) merupakan mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas Anda sebagai guru SD/MI, terutama Anda yang berada di daerah terpencil yang pada umumnya mengajar dua kelas atau lebih secara bersamaan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda akan dibantu untuk memperoleh konsep-konsep dan prinsip PKR, serta keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengajar di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran di dua kelas atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, Anda juga akan dibekali dengan kemampuan lain untuk mendukung PKR, misalnya dalam memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR; mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap; mengorganisasikan kelas; memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar; menyusun...

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! "Fasilitator Sekolah Penggerak" adalah seorang guru yang bertanggung jawab dalam memimpin dan mengkoordinasikan program Sekolah Penggerak di sekolahnya. Program ini merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Tugas utama seorang Fasilitator Sekolah Penggerak antara lain adalah : Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan Sekolah Penggerak di sekolahnya Mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan di sekolah dan mencari solusinya Mengembangkan program dan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif Mendorong dan memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam implementasi program Sekolah Penggerak di sekolahnya. D...

Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 Universitas Terbuka || UTBK || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebagai seorang guru bahasa Inggris, terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAUD. Guru bahasa Inggris harus mampu berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Selain itu, guru juga harus memahami berbagai aturan tata bahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris harus mampu merancang program pembelajaran yang efektif dan bervariasi, agar siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Seorang guru bahasa Inggris harus memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi pembelajaran seperti aplikasi atau perangkat lunak pembelajaran, video pembelajaran, dan lain-lain. Guru bahasa Inggris harus mampu memberikan pengajaran yang menarik, mudah...

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Program Sekolah Penggerak adalah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui upaya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, masyarakat, dan dunia usaha. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kolaborasi antara Kemdikbud, pemerintah daerah, dan sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Program Sekolah Penggerak memiliki beberapa komponen utama, antara lain penguatan manajemen sekolah, peningkatan mutu guru, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, serta penguatan komunitas sekolah. Dalam implementasinya, Sekolah Penggerak melibatkan beberapa pihak, seperti kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar. Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningk...

Materi Matematika Ekonomi dan Bisnis EKF1218 - Analisis dan Terapan Ekonomi (Model ARIMA)

Matematika ekonomi yang berkaitan dengan bidang bisnis dapat digunakan untuk memprediksi pergerakan harga mata uang. Salah satu metode yang sering digunakan adalah analisis teknikal dan fundamental. Analisis teknikal memperhatikan data historis pergerakan harga mata uang dan mencoba menemukan pola atau tren yang dapat membantu memprediksi pergerakan harga di masa depan. Analisis fundamental, di sisi lain, mencoba memprediksi pergerakan harga mata uang berdasarkan faktor-faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi nilai mata uang tersebut. Faktor-faktor ini termasuk suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi. Suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi semuanya memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan dan kinerja ekonomi suatu negara. Suku bunga adalah tingkat bunga yang dikenakan oleh bank sentral suatu negara terhadap pinjaman yang diberikan kepada bank-bank komersial. Suku bunga yang tinggi dapat menarik modal asing dan meningkatkan n...

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebuah sekolah menengah di kota A ingin mengembangkan bahan ajar IT untuk mata pelajaran matematika. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Dalam tahap analisis, tim pengembang bahan ajar IT melakukan langkah-langkah sebagai berikut : Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Tujuan ini dapat diukur dengan meningkatnya nilai siswa pada ujian matematika dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tim pengembang bahan ajar IT mengadakan survei dan wawancara dengan siswa dan guru untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam memahami konse...