Default Image

Months format

View all

Load More

Related Posts Widget

Article Navigation

Contact Us Form

404

Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist. Back Home

LUHT4234 - Praktikum Unit 1 Penyelenggaraan Metode dan Teknik Kunjungan Usaha Tani

Praktik Unit 1 dengan tema "Metode dan Teknik Kunjungan Usahatani" merupakan salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran mata kuliah Metode dan Teknik Penyuluhan. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar penyuluhan, khususnya melalui metode kunjungan lapangan ke lokasi usahatani. Melalui praktik ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami secara konkret bagaimana proses penyuluhan berlangsung di tingkat petani, mengidentifikasi kebutuhan dan permasalahan usahatani, serta menerapkan pendekatan yang sesuai untuk membangun komunikasi yang efektif antara penyuluh dan pelaku usaha tani. Dengan berbekal observasi lapangan dan interaksi langsung, mahasiswa akan memperoleh wawasan praktis sekaligus melatih keterampilan teknis dan sosial yang diperlukan dalam profesi penyuluhan pertanian.

Silakan unggah Laporan Praktik Unit 1 dengan topik "Metode dan Teknik Kunjungan Usahatani" pada laman ini dengan mengikuti ketentuan penamaan file yang telah ditetapkan, yaitu "Nama Mahasiswa_Laporan Praktik Unit 1_LUHT4234". Penamaan file secara sistematis dan konsisten sangat penting untuk mempermudah proses administrasi, identifikasi, dan penilaian oleh dosen atau tim pengampu mata kuliah. Sebelum mengunggah dokumen, mohon agar Saudara/i memastikan bahwa laporan telah disusun sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Panduan Praktik Mata Kuliah Metode dan Teknik Penyuluhan. Panduan tersebut mencakup format penulisan, sistematika penyusunan laporan, komponen yang harus dimuat, serta aspek teknis lainnya yang mencerminkan standar akademik dan etika penulisan ilmiah.

Kedisiplinan dalam mengikuti format dan ketentuan administrasi seperti ini mencerminkan sikap profesionalisme dan integritas akademik mahasiswa. Dengan membiasakan diri terhadap ketentuan tersebut, mahasiswa dilatih untuk terbiasa dengan standar kerja dan dokumentasi ilmiah yang akan sangat berguna dalam dunia kerja, khususnya dalam bidang penyuluhan, di mana akurasi, kerapian, dan tata kelola dokumen menjadi bagian penting dari pekerjaan sehari-hari.

Laporan yang dikumpulkan harus mencakup seluruh elemen penting praktik lapangan, seperti latar belakang kegiatan, tujuan, metode pelaksanaan, hasil pengamatan, analisis data, dan simpulan serta saran yang relevan berdasarkan hasil praktik. Selain itu, laporan juga harus dilengkapi dengan evidence-based documentation, salah satunya adalah video pelaksanaan praktik Unit 1 yang bersifat wajib dan menjadi bagian tak terpisahkan dari laporan. Video ini berfungsi sebagai bukti autentik pelaksanaan kegiatan serta sebagai sarana refleksi atas kompetensi dan keterampilan yang telah diterapkan di lapangan.

Dokumentasi visual seperti video tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap, tetapi juga memberikan gambaran nyata kepada dosen pembimbing terkait keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan praktik. Melalui media ini, proses pengamatan dan evaluasi terhadap sikap, komunikasi, serta penerapan metode penyuluhan yang dilakukan dapat dilakukan secara lebih objektif dan komprehensif.

Pengumpulan laporan praktik ini bukan hanya sebagai bentuk evaluasi capaian pembelajaran, tetapi juga merupakan bagian dari proses pembinaan profesionalisme mahasiswa dalam bidang penyuluhan pertanian. Oleh karena itu, diharapkan setiap mahasiswa menunjukkan komitmen, ketelitian, dan tanggung jawab akademik dalam menyusun dan menyerahkan laporan praktiknya. Selamat mengerjakan dan semoga laporan yang disusun dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kompetensi Anda sebagai calon penyuluh pertanian profesional.

Praktik Unit 1 ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata dalam pelaksanaan metode kunjungan usahatani secara langsung. Dengan demikian, laporan praktik tidak hanya menjadi alat evaluasi semata, tetapi juga mencerminkan sejauh mana mahasiswa mampu mengintegrasikan teori yang diperoleh di kelas dengan kondisi nyata di lapangan, serta menunjukkan kemampuan analitis dan reflektif terhadap dinamika penyuluhan pertanian di tingkat akar rumput.


Download Laporan Unit 1:

Laporan Praktik Unit-1 "Metode dan Teknik Kunjungan Usahatani"







Baca juga :

Post a Comment

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), atau disebut juga pembelajaran gabungan, adalah metode pengajaran di mana dua atau lebih kelas yang berbeda dipadukan dan diajar oleh satu atau lebih guru. Dalam pembelajaran kelas rangkap, siswa dari kelas yang berbeda dapat bergabung dalam satu kelas dan belajar bersama-sama dalam situasi yang lebih terpadu. Metode ini dapat membantu memaksimalkan penggunaan sumber daya dan memungkinkan guru untuk memberikan pengajaran yang lebih terfokus pada setiap siswa. Selain itu, siswa juga dapat belajar dari satu sama lain dan memperluas jaringan sosial mereka dengan siswa dari kelas yang berbeda. Namun, Pembelajaran Kelas Rangkap juga dapat menimbulkan tantangan dalam mengelola kelompok yang lebih besar dan memastikan bahwa setiap siswa mendapat perhatian yang memadai dari guru. Pembelajaran Kelas Rangkap merupakan pembelajaran ...

Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK 4302 Universitas Terbuka || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Mata kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) merupakan mata kuliah yang berkaitan langsung dengan tugas Anda sebagai guru SD/MI, terutama Anda yang berada di daerah terpencil yang pada umumnya mengajar dua kelas atau lebih secara bersamaan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, Anda akan dibantu untuk memperoleh konsep-konsep dan prinsip PKR, serta keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk mengajar di dalam kelas, terutama dalam pembelajaran di dua kelas atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, Anda juga akan dibekali dengan kemampuan lain untuk mendukung PKR, misalnya dalam memanfaatkan lingkungan dan sumber belajar. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan hakikat PKR; mengembangkan model pengelolaan dan pembelajaran kelas rangkap; mengorganisasikan kelas; memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar; menyusun...

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! "Fasilitator Sekolah Penggerak" adalah seorang guru yang bertanggung jawab dalam memimpin dan mengkoordinasikan program Sekolah Penggerak di sekolahnya. Program ini merupakan inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Tugas utama seorang Fasilitator Sekolah Penggerak antara lain adalah : Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan Sekolah Penggerak di sekolahnya Mengidentifikasi masalah-masalah pendidikan di sekolah dan mencari solusinya Mengembangkan program dan strategi pembelajaran yang inovatif dan efektif Mendorong dan memberikan pelatihan kepada guru-guru di sekolahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam implementasi program Sekolah Penggerak di sekolahnya. D...

Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 - Uji Kompetensi 1

Uji Kompetensi Mata Kuliah Bahasa Inggris Guru PAUD 4105 Universitas Terbuka || UTBK || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebagai seorang guru bahasa Inggris, terdapat beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru PAUD. Guru bahasa Inggris harus mampu berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Selain itu, guru juga harus memahami berbagai aturan tata bahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris. Guru bahasa Inggris harus mampu merancang program pembelajaran yang efektif dan bervariasi, agar siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Saat ini, teknologi telah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Seorang guru bahasa Inggris harus memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi pembelajaran seperti aplikasi atau perangkat lunak pembelajaran, video pembelajaran, dan lain-lain. Guru bahasa Inggris harus mampu memberikan pengajaran yang menarik, mudah...

Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Pelatih Ahli Fasilitator Sekolah Penggerak || Waktu Pengerjaan: 10:00 menit! Program Sekolah Penggerak adalah inisiatif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui upaya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, masyarakat, dan dunia usaha. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kolaborasi antara Kemdikbud, pemerintah daerah, dan sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari program ini. Program Sekolah Penggerak memiliki beberapa komponen utama, antara lain penguatan manajemen sekolah, peningkatan mutu guru, pengembangan kurikulum dan pembelajaran, serta penguatan komunitas sekolah. Dalam implementasinya, Sekolah Penggerak melibatkan beberapa pihak, seperti kepala sekolah, guru, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar. Program Sekolah Penggerak diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningk...

Materi Matematika Ekonomi dan Bisnis EKF1218 - Analisis dan Terapan Ekonomi (Model ARIMA)

Matematika ekonomi yang berkaitan dengan bidang bisnis dapat digunakan untuk memprediksi pergerakan harga mata uang. Salah satu metode yang sering digunakan adalah analisis teknikal dan fundamental. Analisis teknikal memperhatikan data historis pergerakan harga mata uang dan mencoba menemukan pola atau tren yang dapat membantu memprediksi pergerakan harga di masa depan. Analisis fundamental, di sisi lain, mencoba memprediksi pergerakan harga mata uang berdasarkan faktor-faktor ekonomi dan politik yang mempengaruhi nilai mata uang tersebut. Faktor-faktor ini termasuk suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi. Suku bunga, inflasi, stabilitas politik, dan kebijakan ekonomi semuanya memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan dan kinerja ekonomi suatu negara. Suku bunga adalah tingkat bunga yang dikenakan oleh bank sentral suatu negara terhadap pinjaman yang diberikan kepada bank-bank komersial. Suku bunga yang tinggi dapat menarik modal asing dan meningkatkan n...

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 - Uji Kompetensi 2

Uji Kompetensi Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis IT 11PP61903 Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang || Waktu Pengerjaan: 15:00 menit! Sebuah sekolah menengah di kota A ingin mengembangkan bahan ajar IT untuk mata pelajaran matematika. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Dalam tahap analisis, tim pengembang bahan ajar IT melakukan langkah-langkah sebagai berikut : Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah data dan membuat grafik. Tujuan ini dapat diukur dengan meningkatnya nilai siswa pada ujian matematika dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Tim pengembang bahan ajar IT mengadakan survei dan wawancara dengan siswa dan guru untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam memahami konse...