Model pengembangan bahan ajar IT dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) sebagai pedoman. Penjelasan mengenai setiap tahapan dalam pendekatan ADDIE sebagai berikut :
1. Analysis
Tahap ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Analisis ini dapat dilakukan dengan cara melakukan wawancara, survei, dan observasi. Tahap analisis bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, sasaran pelajar, serta lingkungan belajar. Pada tahap ini, perlu dilakukan analisis kebutuhan belajar, analisis target peserta didik, serta analisis lingkungan belajar. Hasil analisis akan menjadi landasan untuk merancang desain bahan ajar.
2. Design
Pada tahap ini, dilakukan perancangan materi pembelajaran yang akan disesuaikan dengan hasil analisis yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya. Desain ini meliputi pemilihan metode pembelajaran yang tepat, menentukan strategi pengajaran, serta menentukan konten yang akan disampaikan. Tahap desain melibatkan perancangan konsep bahan ajar, seperti tujuan pembelajaran, struktur bahan ajar, dan metode pengajaran yang digunakan. Pada tahap ini, perlu dipikirkan cara yang efektif untuk menyampaikan materi, seperti menggunakan media yang sesuai, metode pembelajaran yang interaktif, dan evaluasi pembelajaran.
3. Development
Setelah merancang bahan ajar, langkah selanjutnya adalah membuat bahan ajar IT tersebut. Proses pembuatan bahan ajar IT dapat meliputi pembuatan konten, desain grafis, pengujian, dan revisi. Tahap pengembangan melibatkan proses pembuatan bahan ajar sesuai dengan desain yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Pada tahap ini, perlu dipastikan bahwa bahan ajar yang dibuat telah memenuhi kriteria desain yang telah ditetapkan.
4. Implementation
Pada tahap ini, bahan ajar IT yang telah dibuat diimplementasikan dalam kelas atau lingkungan belajar lainnya. Selain itu, juga dilakukan evaluasi terhadap implementasi bahan ajar IT tersebut. Tahap implementasi adalah tahap dimana bahan ajar yang telah dikembangkan mulai diaplikasikan di dalam kelas. Pada tahap ini, perlu dilakukan pengujian bahan ajar, seperti uji coba di kelas, untuk melihat efektivitasnya dalam membantu proses pembelajaran.
5. Evaluation
Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas bahan ajar IT yang telah dibuat. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan cara melakukan tes kepada peserta didik, melakukan wawancara, dan mengumpulkan umpan balik dari pengguna. Dalam pengembangan bahan ajar IT, penting juga untuk mempertimbangkan penggunaan teknologi yang tepat agar materi yang disampaikan lebih menarik dan interaktif. Selain itu, perlu juga diperhatikan bahwa bahan ajar IT yang baik harus mudah dipahami dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Model pengembangan bahan ajar IT ADDIE merujuk pada model yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang efektif dan efisien dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
Bagaimana penjelasan lebih lanjut dari tahap analisis (analysis)?
Tahap analisis merupakan tahap pertama dalam model ADDIE, yang melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, serta analisis terhadap karakteristik peserta didik dan konteks pembelajaran. Beberapa langkah yang dilakukan pada tahap analisis antara lain :
- Identifikasi tujuan pembelajaran; tujuan pembelajaran harus jelas dan terukur, serta sesuai dengan kebutuhan dan harapan peserta didik.
- Identifikasi karakteristik peserta didik; karakteristik peserta didik, seperti latar belakang pendidikan, usia, pengalaman, dan kemampuan teknologi, harus dianalisis untuk menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat.
- Analisis konteks pembelajaran; konteks pembelajaran, seperti lingkungan belajar, peralatan teknologi, dan jadwal belajar, harus dianalisis untuk menentukan penggunaan teknologi dan strategi pembelajaran yang tepat.
- Identifikasi materi pelajaran; materi pelajaran harus dipilih berdasarkan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
- Penentuan pendekatan pembelajaran; pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik harus dipilih, misalnya pembelajaran mandiri atau kolaboratif.
- Pengembangan instrumen evaluasi; instrumen evaluasi harus dipersiapkan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran.
Tahap analisis dalam model ADDIE merupakan tahap awal dalam pengembangan bahan ajar dan berfungsi untuk memahami tujuan dan sasaran pembelajaran yang ingin dicapai, serta mengevaluasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dengan melakukan analisis secara teliti pada tahap ini, maka bahan ajar IT yang dikembangkan akan lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

